Inilah 5 Cara Relaksasi Pada Ibu Hamil

Pada saat hamil, stres adalah salah satu pantangan yang tidak boleh dirasakan oleh Ibu. Sebab stres yang berkepanjangan dapat berdampak buruk pada janin, di antaranya menyebabkan kelainan proses pembentukan otak janin, menghambat tumbuh kembang janin, dan bisa menyebabkan Ibu mengalami persalinan prematur. Sayangnya stres bukanlah sesuatu yang bisa dihindari karena kondisi lingkungan maupun perubahan hormon yang dialami oleh Ibu.

Meskipun begitu, Ibu bisa mencegah efek negatifnya pada janin dengan segera mengelola stres tersebut dengan cara yang tepat. Mereleksasi pikiran adalah salah satu cara ampuh untuk mengatasi stres, dan berikut ini adalah 5 cara releksasi yang aman untuk Ibu coba:

1. Atur Pernapasan

Mengatur pernapasan adalah salah satu cara relaksasi yang terlihat mudah namun sebenarnya cukup sulit. Ibu bisa melakukannya dengan posisi duduk ataupun berbaring, yang penting Ibu berada dalam posisi santai. Pejamkan mata dan carilah posisi terbaik untuk otot Ibu, kemudian tarik napas dari hidung secara perlahan. Lakukan 10-12 menit setiap harinya untuk membuat tubuh terasa nyaman.

2. Lakukan Hobi

Lakukanlah hobi Ibu selama hal tersebut tidak akan mengganggu atau membahayakan kandungan. Misalnya hobi membaca, menulis, atau menonton. Jika hobi Ibu adalah memasak, pastikan bahwa Ibu tidak sensitif dengan bau-bauan yang berisiko meningkatkan rasa mual dan muntah. Sebab jika dipaksakan akan memberi dampak buruk pada janin.

3. “Membiasakan Snacking yang Sehat”

Ibu hamil disarankan untuk memiliki snacking time. Tentunya, snack yang dikonsumsi adalah snack sehat yang aman.

4. Berjalan-jalan

Manfaatkan waktu kosong yang Ibu punya dengan berjalan-jalan. Jika memungkinkan, Ibu bisa menenangkan pikiran dengan berwisata. Namun jika tidak, Ibu juga bisa berjalan-jalan ke area taman sekitar tempat tinggal. Berjalan-jalan dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar akan membantu Ibu merasa rileks.

5. Senam Hamil

Ibu mungkin mengalami stres akibat membayangkan rasa sakit yang dirasakan saat persalinan. Senam hamil ini akan membantu mengurangi kecemasan tersebut. Pada saat senam hamil, Ibu akan diajarkan bagaimana teknik pernapasan dan cara mengejan yang benar agar persalinan lancar. Senam hamil juga dapat mengurangi beberapa keluhan yang Ibu rasakan selama kehamilan. Bagi Ibu yang berencana melakukan senam hamil, disarankan untuk mulai melakukannya sejak kandungan memasuki usia 28 minggu.

Dengan melakukan kelima hal di atas secara rutin, tubuh maupun pikiran Ibu akan menjadi relaks sehingga dapat terhindar dari stres.

Sumber : Prenagen

Leave a Reply